penelitian tindakan kelas. BAB 1 (PTK) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI KOPERASI MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-KANAWIAH. KEC. CIKULUR KAB. LEBAK.”

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Sekolah merupakan salah satu tempat dimana siswa mendapatkan ilmu secara formal. Sekolah bukan hanya tempat menimba ilmu, tetapi juga sebagai tempat berkumpul, bermain dan berbagai keceriaan antara siswa yang satu dengan siswa yang lainnya sehingga terjadi interaksi di dalamnya. Sekolah juga merupakan tempat dimana kegiatan belajar mengajar berlangsung dan tempat terjadinya interaksi antara guru dan murid. Manusia diciptakan oleh Tuhan dengan membawa fitrah yang merdeka, mempunyai hak dan kebebasan yang telah melekat ada dirinya. Oleh karena itu dalam kehidupan, manusia mempunyai hak untuk hidup, hak bersuara, kebebasan mengemukakan pendapat, dan hak yang lainnya selama kebebasan dan hak tersebut tidak bertentangan dengan norma sosial agama.
Begitu juga dalam kegiatan belajar mengajar, dalam hal ini siswa mempunyai hak dan kebebasan untuk bersuara, berpendapat atau beragumen di dalam kelas yang berkaitan dengan materi pelajaran di kelas. Saat berlangsungnya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) seharusnya yang aktif bukanlah gurunya saja, dimana siswa hanya dianggap sebagai suatu benda yang pasif, yang hanya mendengarkan dan mematuhi apa yang disampaikan oleh guru.
Tetapi seharusnya dalam proses KBM antara siswa dan guru secara seimbang dan bersama-sama berinteraksi secara aktif, dalam transfer ilmu pengetahuan baik dari guru ke siswa atau sebaliknya dari siswa ke guru dan dapat juga transfer ilmu antar siswa satu ke siswa yang lainnya. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. Prinsip-prinsip pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah perwujudan dari Kurikulum Pendidikan Dasar dan menengah, dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan serta berpedoman pada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).[1]
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang termuat dalam Kurikulum Sekolah Dasar. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) menjadi salah satu mata pelajaran yang sangat membantu peserta didik dalam menumbuhkan pengetahuan dan pemahaman untuk melihat kenyataan sosial yang dihadapi siswa dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kajian antar disiplin ilmu yang mengkaji seperangkat peristiwa, konsep, fakta dan generalisasi yang berkaitan dengan isu–isu atau masalah – masalah sosial.[2]
Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik atau siswa diarahkan untuk menjadi warga negara Indonesia yang demokratis dan bertanggung jawab. Pendidikan di Indonesia diusahakan agar lebih maju dan bermutu. Upaya peningkatan mutu pendidikan dilaksanakan antara lain dengan mengusah akan penyempurnaan proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar meliputi seluruh aktivitas yang pada intinya menyangkut pemberian materi pelajaran agar siswa memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang bermanfaat. Peningkatan mutu dan kualitas proses belajar mengajar bertujuan agar siswa memperoleh prestasi atau hasil belajar yang lebih baik.
Metode mengajar merupakan teknik yang harus dikuasai guru untuk menyajikan bahan pelajaran kepada siswa di dalam kelas, agar pelajaran tersebut dapat diterima, dipahami dan digunakan oleh siswa dengan baik. Dalam memilih metode mengajar harus disesuaikan dengan tujuan pengajaran, materi pelajaran dan bentuk pengajaran (individu dan kelompok). Metode mengajar ada berbagai macam misalnya : ceramah, diskusi, demonstrasi, inquiri, kooperatif (kelompok) dan masih banyak yang lainnya. Pada dasarnya tidak ada metode mengajar yang paling baik, sebab setiap metode mengajar yang digunakan pasti memiliki kelemahan dan kelebihan. Oleh karena itu, dalam mengajar dapat digunakan berbagai metode sesuai materi yang diajarkan.
Pengalaman belajar secara kooperatif akan menghasilkan keyakinan yang lebih kuat bahwa seseorang merasa disukai, diterima oleh siswa lain, dan menaruh perhatian tentang bagaimana teman - temannya belajar dan adanya keinginan untuk membantu temannya belajar. Siswa sebagai subjek yang belajar merupakan sumber belajar bagi siswa lainnya yang dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan misalnya diskusi, pemberian umpan balik, atau bekerja sama dalam melatih keterampilan - keterampilan tertentu.
Menurut wawancara dan observasi baik dari guru kelas maupun siswa, proses pembelajaran di MIS Al-Kanawiah. Kec Cikulur Kab Lebak, guru masih banyak menggunakan metode yang didominasi metode ceramah yang menjadikan guru sebagai pusat kegiatan belajar mengajar atau teacher centered. Hal ini menyebabkan siswa menjadi kurang aktif selama kegiatan belajar berlangsung. Siswa pada umumnya hanya mendengarkan, membaca dan menghafal informasi yang diperoleh, sehingga konsep yang tertanam tidak kuat. Di dalam pembelajaranpun siswa belum banyak yang berani bertanya atau berpendapat. Selain itu hanya beberapa anak saja yang berani mengemukakan pendapatnya sehingga terjadi pendominasian bagi anak – anak yang lainnya yang cenderung pasif. Dengan kata lain bahwa keterampilan proses siswa belum berkembang atau belum dimaksimalkan dengan sepenuhnya.
Data tahun 2013 semester satu juga menunjukkan bahwa hasil evaluasi atau ulangan harian pada materi koperasi juga menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Dari KKM yang telah ditentukan yaitu 65, hanya sekitar 3 siswa yang mampu melampaui KKM dan selebihnya yaitu 21 siswa belum dapat mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 65. Selain itu mata pelajaran IPS mempunyai nilai terendah  jika dibandingkan dengan mata pelajaran yang lainnya. Matematika memperoleh nilai rata-rata 69, Bahasa Indonesia 74, Pkn dengan rata-rata 71, IPA 77, sedangkan IPS hanya mendapatkan nilai rata-rata 62. Siswa lebih menyukai mata pelajaran IPA dan Matematika dibandingkan dengan mata pelajaran IPS.
Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan suatu metode pembelajaran yang mampu memfasilitasi siswa untuk mendapatkan pengalaman belajar. Yaitu metode yang memuat pengalaman belajar dan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satu metode yang dapat memuat keaktifan dan pengalaman belajar siswa tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe Snowball  Throwing.
Prinsipnya model pembelajaran kooperatif tipe ini membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil. Setiap kelompok mempunyai satu orang ketua yang akan bertugas untuk menjelaskan materi yang diberikan guru kepada anggota kelompoknya. Lalu tiap siswa menulis satu pertanyaan dan dilempar seperti bola salju kepada siswa yang lain. Selain itu pembagian kelompok ini bertujuan agar siswa dapat berkolaborasi dengan teman, lingkungan dan guru sehingga diharapkan setiap siswa akan siap dalam kegiatan pembelajaran dan merangsang siswa untuk belajar baik belajar dari guru maupun belajar dari siswa yang lain. Dengan dasar latar belakang inilah maka dilakukan penelitian dengan judul “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI KOPERASI  MATA PELAJARAN IPS  KELAS  IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-KANAWIAH. KEC. CIKULUR KAB. LEBAK.”

B.     Identifikasi Masalah
Dari latar belakang masalah terdapat beberapa masalah dalam penelitian ini.  Adapun masalah – masalah tersebut dapat diidentifikasi sebagai berikut :
1.      Hasil belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al–Kanawiah. Kec Cikulur Kab Lebak. pada mata pelajaran IPS masih rendah
2.      Tingkat kepercayaan diri siswa untuk bertanya  masih rendah
3.      Rendahnya aktivitas (keterlibatan) siswa dalam kegiatan belajar mengajar.
4.      Belum berkembangnya keterampilan proses pada siswa.
5.      Pembelajaran IPS yang didominasi oleh metode ceramah dan model pembelajaran yang digunakan belum bervariasi.
6.      Belum berkembangnya model belajar dengan teman sebaya atau tutor sebaya

C.    Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang diatas, dapat dirumuskan masalah secara
umum yaitu :
1.      Bagaimana hasil belajar siswa pada pokok bahasan koperasi materi ilmu pengetahuan social?   
2.      Bagaimana upaya peningkatan hasil belajar siswa pada materi koperasi melalui pembelajaran  kooperatif tipe Snowball Throwing?
D.    Pemecahan  Masalah
Cara yang di gunakan untuk memecahkan masalah dalam penelitian kelas ini adalah dengan menggunakan  model kooperatif Tipe Snowball Trowing,  dengan menggunakan model penelitian  yang di kembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Dengan dua siklus, untuk menguji coba ide-ide kedalam praktek dalam rangka memperbaiki sesuatu agar memperoleh dampak yang nyata dari situasi sebelumnya  salah satu dari banyak metode pembelajaran yang ada, untuk meningkatkan kemampuan  belajar maupun hasil belajar siswa. Dengan metode ini di harapkan siswa dapat meningkatkan belajar serta meningkatkan hasil belar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Kanawiah. Kecamatan. Cikulur. Kabupaten Lebak.   
E.     Tujuan Dan Manfaat Penelitian
1.      Sesuai dengan rumusan masalah yang telah ditentukan, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui :
a.       Hasil belajar siswa pokok bahasan koperasi kelas IV mata pelajaran IPS
b.      Peningkatan  belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing di Madrasah Ibtidaiyah Al-Kanawiah. Kec Cikulur Kab Lebak.
2.       Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa memberikan kontribusi dalam upaya meningkatkan pembelajaran mata pelajaran IPS, khususnya pada kegiatan belajar mengajar (KBM) di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Kanawiah. Kec Cikulur Kab Lebak. Adapun secara detail manfaat yang diharapkan dari penelitian ini diantaranya :
a.       Bagi Peneliti
Memberikan sumbangan pikiran sebagai pengetahuan yang dapat dijadikan sebagai bahan kajian para mahasiswa yang sedang mempelajari ilmu pendidikan khususnya peningkatan prestasi belajar melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Snowball Throwing
b.      Bagi guru
1.      Melalui PTK ini guru dapat menjawab permasalahan yang dihadapi di sekolah mengenai model pembelajaran yang bervariasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS.
2.      Mendorong guru untuk menciptakan proses belajar mengajar yang bisa menumbuhkan ketertarikan siswa dalam belajar.
3.      Meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan dan memanfaatkan segala sumber daya kreatifitas anak yang ada di lingkungan siswa dalam proses pembelajaran sehingga keterampilan proses siswa dapat dimaksimalkan.
c.       Bagi Sekolah
1.      Sekolah mampu mengevaluasi model pembelajaran yang tepat untuk peningkatan pemahaman belajar siswa.
2.      Dapat digunakan sebagai alternatif dalam menentukan strategi dalam memberikan pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing
F.     Sistematika  Pembahasan
Sistematika pembahasan dalam penelitian  ini terbagi kedalam 5 bab sebagai berikut :
Bab I adalah pendahuluan terdiri dari latar Belakang Masalah, Identifikasi Masalah, Perumusan dan Pembatasan Masalah, Pemecahan Masalah, Tujuan dan  Manfaat Penelitian, dan Sistematika Pembahasan.
Bab II Kajian Teoritik, Kerangka Berpikir, Dan Hipotesis Tindakan. Terdiri dari kerangka Teori, Penelitian yang Relevan, Kerangka Berpikir, Dan Pengajuan Hopotesis
Bab III Metodelogi Penelitian Terdiri dari : Pendekatan Penelitian, kancah penelitian,  Subjek Penelitian, Pengumpulan Data, Indikator Kinerja, Analisis Data, Dan Prosedur Penelitian.
Bab IV Hasil Dan Pembahasan Penelitian: Terdiri dari; Deskrifsi Hasil penelitian.
Bab V Penutup; Terdiri dari:  Kesimpulan dan Saran Saran.





[1] BSNP. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. (Jakarta : Depdiknas, 2006).h.27
[2] Surodisastro, Djojo. Dkk Pendidikan IPS Jilid 3. (Jakarta : Dirjen Dikti . 1992).h.13
penelitian tindakan kelas. BAB 1 (PTK) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI KOPERASI MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-KANAWIAH. KEC. CIKULUR KAB. LEBAK.” penelitian tindakan kelas. BAB 1 (PTK) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI KOPERASI  MATA PELAJARAN IPS  KELAS  IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-KANAWIAH. KEC. CIKULUR KAB. LEBAK.” Reviewed by Unknown on 19.25 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.