contoh PTK IPS. BAB V "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI KOPERASI MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-KANAWIAH. KEC. CIKULUR KAB. LEBAK.”
BAB
V
KESIMPULAN
DAN SARAN
A.
Kesimpulan
Berdasarkan
hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di MI Al-Kanawiah dengan
mengambil judul : “ Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball
Throwing Pada Materi Kopersai Mata Pelajaran IPS Kelas IV di MI Al-Kanawiah
Kec. Cikulur. Kab. Lebak “. Maka peneliti dapat menyimpulkan sebagai berikut :
1.
Penerapan model pembelajaran Kooperatif
Tipe Snowball Throwing pada pembelajaran IPS tentang Koperasi dapat meningkatkan
aktivitas guru
ke arah yang positif. Hal
ini dapat di lihat dari hasil observasi dari 72% menjadi 84%
2. Penerapan
model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan Hasil
belajar siswa pada pembelajaran IPS Kelas IV di MI Al-Kanawiah Kec. Cikulur.
Kab. Lebak. Hal ini dapat dilihat dari data hasil observasi, berdasarkan data
pada tabel tersebut hasil rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan dari rata-rata
60%
menjadi 80%.
3. Penerapan
model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing
dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari data hasil
observasi rata-rata hasil post test belajar siswa pada setiap siklusnya
mengalami peningkatan yang baik. Dari data yang diperoleh hasil rata-rata
belajar siswa naik dari
68,75
menjadi 78,75. Hal ini juga meningkatkan
pemahaman siswa tentang materi pembelajaran IPS tentang Koperasi
Dari uraian di atas dapat disimpulkan
bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing
dapat meningkatkan aktivitas, dan hasil belajara siswa.
B. Saran
Berdasarkan
kesimpulan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan : Diharapkan guru dapat
lebih mengembangkan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran
yang tepat, agar kegiatan pembelajaran tidak monoton, sehingga dapat memotivasi
belajar siswa dan pembelajaran pun mendapatkan hasil yang lebih baik. Seperti
yang dilakukan oleh peneliti ini, dengan menggunakan dan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing
pada pembelajaran IPS kelas IV tentang materi Koperasi dapat memberikan
beberapa keuntungan diantaranya : meningkatkan kemampuan siswa dalam bertanya
dan menjawab pertanyaan dari teman atau guru,
menghargai pendapat orang lain, bekerja dalam kelompok, ahli menjelaskan ke kelompok asal dan hasil belajar
siswa pun mengalami peningkatan dengan
baik.
Salah satu
keberhasilan pembelajaran IPS siswa bukan hanya pada kemampuan guru menjelaskan
materi
secara detail, tetapi tergantung pula pada kesungguhan dan ketekunan siswa
dalam mempelajaari IPS
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman
dan Bintoro Memahami Dan Menangani Siswa Dengan Problema Belajar.Jakarta
: (Depdiknas. 2000).
Sudijono, Anas Pengantar Statistik Pendidikan.
Jakarta : (Grafindo Persada. 2008).
Anita, Lie Cooperative
Learning Mempraktikkan di Ruang – RuangKelas. (Jakarta: Grasindo . 2010).
Aqib, Zainal Penelitian Tindakan Kelas. Bandung
: (Yrama Widya . 2006).
Asy’ari, dkk.Penerapan
Pendekatan STM Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. (Jakarta : Dirjen
Dikti.)
Bayor,A.2010.SnowballThrowing.
(Diunduhdarihttp://akmaldebayor.blogspot.com/2014/05/snowball-throwing_08.html.
Diakses pada juni 2014.)
BSNP. Panduan
Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. (Jakarta : Depdiknas,
2006).
Surodisastro, Djojo. Dkk Pendidikan IPS Jilid 3.
(Jakarta : Dirjen Dikti . 1992).
Siswoyo,Dwi. dkk.. Ilmu Pendidikan. (Yogyakarta
: UNY Press 2007)
Endang P dan Nur WidodoPerkembangan Peserta Didik.
(Malang : UMM .2000).
Tumurang.Hetty
Pembelajaran Kreativitas Seni Anak Sekolah Dasar. (Jakarta : Depdiknas .
2006).
Hidayati, Pendidikan
Ilmu Pengetahuan di Sekolah Dasar. (Yogyakarta : FIP
UNY .
(2002).
Kagan Spencer, Cooperative Learning. San Juan
Capistrano : (Kagan .1994).
Kasihani Kasbolah,
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). (Jakarta : Depdikbud .1999).
Dalyono.M,, Psikologi Pendidikan. (Jakarta :
Rineka Cipta . 2009).
Martha Kaufelt. Wahai Para Guru, Ubahlah Cara
Mengajarmu! . (Jakarta : PT
Indeks. 2008).
Mulyani Sumantri & Johar Permana Strategi
Belajar Mengajar. (Jakarta :
Depdiknas . 1999).
Mulyasa. Penelitian Tindakan Sekolah. (Bandung : Rosdakarya. 2010).
Nana Sudjana Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Bandung : Rosdakarya .2005).
Nursid Sumaatmadja. Metodologi Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosia.
(Bandung : Alumni .1984)
Oemar Hamalik Metode dan Kesulitan Belajar. (Jakarta : Bumi Aksara .
1993).
Oemar Hamalik. Proses Belajar Mengajar. (Jakarta : Bumi Aksara .2001)
Purwanto. Evaluasi Hasil
Belajar. (Surakarta: Pustaka Pelajar. 2008).
Saidihardjo Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. (Yogyakarta : Depdiknas .2005).
Slameto Belajar Dan Factor – Factor Yang Mempengaruhinya. (Jakarta : PT
Rineka Cipta . 2003).
Soeparwoto Psikologi Perkembangan. (Semarang : UNNES .2004).
Sugiyanto Model – Model
Pembelajaran Inovatif. (Surakarta : Yuma Pustaka . 2009).
Suharsimi Arikunto, dkk. Penelitian Tindakan Kelas. (Jakarta : Bumi aksara. 2005).
Suharsimi Arikunto. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. (Jakarta : Bumi
Aksara. 2002).
Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
(Jakarta :
Rineka Cipta .2010)
Sukardi Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya.
(Jakarta : Bumi Aksara .
2003).
Surijono. Cooperative Learning. (Yogyakarta : Pustaka
belajar. 2007).
Suprijono. Cooperative Learning. (Yogyakarta : Pustaka
Pelajar Budiono .2010)
Sutrisno Hadi. Metodologi Research. Yogyakarta : Andi (2000).
Suyanto Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Tindakan Kelas. ( Yogyakarta : 1997).
Depdikbud
Wijaya Kesumah dan Dedi Dwitagama. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta : PT Indeks (2010).
contoh PTK IPS. BAB V "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI KOPERASI MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-KANAWIAH. KEC. CIKULUR KAB. LEBAK.”
Reviewed by Unknown
on
20.24
Rating:
Tidak ada komentar: